Minggu, 14 Desember 2014

FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI. PERMAIANAN ADVENTURE



Laporan Observasi
 Metodologi Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini
“ Permainan Adventure (Berburu Harta Karun)”
di TK. Mutiara Kasih
Perum. Taman Firdaus Blok L No.13 Lubuk Buaya Padang
Oleh :
Kelompok Slide
1.      TRIA MARINI                      1200828
2.   GUSTIKA                               1200813
3.      TIARA PRIMA RAMDINI 1200840
4.      WIDYA PUTRI                     1200832
5.      ATIN SUHARTI                    1200787
6.      AYU LISARNI                      1200785
7.      RAHMADANI                      1200810
8.      SANI OKTARI                      1200788
                                 9.  NOVIA WANDARI              1200829


JURUSAN PG – PAUD REGULER 2012
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014
LAPORAN OBSERVASI
PERMAINAN ADVENTURE
Judul Permainan          : Berburu Harta Karun
Lokasi                         : TK. Mutiara Kasih Perum. Taman Firdaus Blok L No.13 Lubuk Buaya Padang
Hari                             : Selasa , 25 Februari 2014
Waktu                                     : 07.30 – 09.00
Jumlah anak                : 20 orang
Jumlah guru                 : 11 orang (mahasiswa dan guru)
Alat dan bahan                        :
-          Ember
-          Pasir
-          Bola
-          Stik
-          Koran
-          Sedotan
-          Kelereng
-          Baskom
-          Terowongan
-          Gambar – gambar binatang
-          Tali rafia
-          Kue
-          Kotak harta karun
-          Kardus angka



Sinopsis permainan :
Arena 1 : anak menirukan gerakan dan suara gambar binatang yang ditemukan disetiap sudut yang berberntuk persegi. Dan diakhir anak mendapatkan sebuah bola yang dimasukkan ke dalam keranjang.
Arena 2 : anak  membuat bola dari koran dan melakukan beberapa kegiatan objek kontrol seperti : melempar dan menangkap bola bersama teman dan guru.
Arena 3 : anak berlari menuju kumpulan stik kemudian anak menyusun  stik  berbentuk rumah dilanjutkan mencari dan mengumpulkan sebanyak lima  kelereng, dan sedotan yang ada didalam tumpukan pasir dan dimasukkan kedalam ember. Anak merangkak melewati terowongan dan menuju tangga angka dengan melompat sambil berhitung  dan mendapatkan  harta karun.
Aturan bermain :
1.      Anak mengikuti instruksi guru untuk berbaris
2.      Anak dibagi menjadi dua kelompok, kelompok putra dan putri
3.      Masing – masing kelompok terdiri dari empat dan lima anggota
4.      Disetiap arena anak harus menyelesaikan misi dan rintangan
5.      Mampu bekerjasama dengan teman   
Manfaat permainan :
1.      Dapat melatih motorik halus anak pada kegiatan meremas koran menjadi bola
2.      Dapat mengembangkan motorik halus dan kognitif ketika menyusun stik dalam bentuk bangunan dan menghitung jumlah kelereng dan sedotan yang ada dalam tumpukan pasir.
3.      Dapat mengembangkan kemampuan bahasa ketika anak menirukan bunyi suara binatang dan mengetahui nama binatang yang ada pada gambar. Contoh : gambar binatang kucing anak menirukan suara kucing “meonggg,,,, meongg,,,,,”
4.      Dapat melatih motorik kasar anak dengan menirukan gerakan binatang seperti : merangkak, merayap, mengepakkan sayap seperti burung dan berlari
5.      Mengembangkan kemampuan objek kontrol anak ketika melempar dan menangkap bola
6.      Mengembangkan kognitif anak ketika anak menghitung angka yang ada pada tangga angka
7.      Mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak ketika dapat bekerjasama dengan teman ketika bermain.
8.      Dapat melatih keseimbangan tubuh saat melewati terowongan
9.      Menumbuhkan keaktifan dan kreativitas anak dalam bermain
10.  Mengembangkan imajinasinya dengan membayangkan harta karun 
Rangkaian kegiatan bermain berburu harta karun :
1.      Anak berbaris dipimpin guru

2.      Guru memberikan intruksi pengenalan permainan


3.      Guru mendemostrasikan cara bermain, kemudian guru mengkondisikan anak menjadi dua kelompok , kemudian mulailah bermain kelompok pertama


4.      Anak menirukan gerakan dan bunyi binatang
5.      Anak melempar dan menangkap bola
6.      Anak menyusun stik membentuk rumah
7.      Anak mengumpulkan lima buah kelereng dan sedotan
8.      Anak melewati terowongan bersama – sama
9.      Anak melompati tangga angka
10.  Anak berhasil mendapatkan harta karun
11.  Anak menikamati bersama hasil harta karun yang mereka dapat
LAPORAN PENILAIAN
PERMAINAN “BERBURU HARTA KARUN”


No.


Nama Anak
Aspek yang dinilai
Menirukan gerakan dan suara binatang
Objek kontrol
Melempar dan menangkap bola.
Menyusun stik menjadi bentuk rumah
Menemukan kelereng dan sedotan dalam pasir
Merangkak melewati terowongan
Melompati tangga angka dan menyebutkan angkanya
     1.
Aisha Aulia Fitri
Baik
Cukup
Baik
Baik
Sangat Baik
Sangat Baik
2.
Revan Zuliandra
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Sangat Baik
Sangat Baik
3.
Fajri Ramadhan
Cukup
Cukup
Baik
Sangat baik  
Sangat Baik
Sangat Baik
4.
Zaki
Sangat baik
Cukup
cukup
Baik
Sangat baik
Sangat baik
5.
Suci
Baik
Cukup
baik
Baik
Sangat baik
Sangat baik
6.
Syifa Ummi
Cukup
Cukup
cukup
Cukup
Baik
Sangat Baik
7.
Dilla
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Baik
Sangat Baik
8.
Dheo
Baik
Baik
Baik
Baik
Sangat baik
Sangat Baik
9.
Aqela Widfa ghani
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Sangat Baik
Sangat Baik
10.
Faiz akbar
Cukup
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik  

Dari hasil pengamatan kami saat melakukan observasi maka dapat kami simpulkan bahwa :
1.      Menirukan gerakan dan suara binatang :
a.       Sangat baik = 10 %
b.      Baik              = 30 %
c.       Cukup          = 60 %
2.      Menagkap dan melempar bola/objek control:
a.       Sangat baik = -
b.      Baik              = 20 %
c.       Cukup          = 80 %
3.      Menyusun stik menjadi bentuk rumah :
a.       Sangat baik = -
b.      Baik              = 80 %
c.       Cukup          = 20 %
4.      Mengumpulkan kelereng dan sedotan :
a.       Sangat baik = 10 %
b.      Baik              = 80 %
c.       Cukup          = 10 %
5.      Melewati terowongan
a.       Sangat baik = 70 %
b.      Baik              = 30  %
c.       Cukup          = -
6.      Melompati tangga angka dan menyebutkan angkanya:
a.       Sangat baik =  90 %
b.      Baik              = 10 %
c.       Cukup          = -

Evaluasi untuk kami selanjutnya yaitu:
1.      Persiapan harus lebih matang, karena pada waktu observasi dilakukan tidak sesui jadwal yang direncanakan karena ada gangguan
2.      Arena bermain yang kurang luas
3.      Kami tidak menggunakan musik waktu bermain













DESAIN PERMAINAN

1.      Arena 1


 










     Star

2.      Arena 2



































































 












                                                                                 
3.      Arena 3
























 














 











1
 
                                                                                                                                 











2
 


3
 




4
 




5
 



Harta karun
 
 







                                                                                                                                                                               finish

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar