TUGAS
MEDIA PEMBELAJARAN
ANAK USIA DINI
SUMBER
BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI DAN PEMANFAATANNYA
OLEH:
AYU LISARNI
1200785
PENDIDIKAN GURU
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
PADANG
2013
SUMBER
BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI DAN PEMANFAATANNYA
a. PENGERTIAN
SUMBER BELAJAR
Sumber belajar adalah segala macam bahan yanag dapat
digunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai ketrampilan kepada murid
maupun guru. Demikian pula alat permainan termasuk salah satu sumber belajar.
Sumber belajar yang lain adalah : buku referensi , buku cerita , gambar-gambar
, nara sumber , benda atau barang budaya , tempat-tempat khusus dan lain-lain.
Penggunaan buku-buku dan bahan apapun dapat dijadikan sumber belajar dan
merupakan masukan bagi guru maupun anak.
b. FUNGSI
SUMBER BELAJAR DI TK
Fungsi sumber belajar dalam
pembelajaran ialah memberikan kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan
memperkaya anak dengan menggunakan berbagai alat. Buku, nara sumber, tempat dan
semua hal, yang menambah pengetahuan anak.
Fungsi sumber belajar yang lain
adalah meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa. Caranya adalah dengan
berbicara dan berkomunikasi dengan nara sumber yang dapat mengembangkan
pandangan anak dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan demikian anak tidak hanya
mendapat informasi dari guru melainkan juga dari para pembicara lain yang
dihadirkan dikelas.
c. JENIS-JENIS
SUMBER BELAJAR DI TK
a)
Tempat
sumber belajar alamiah
Sumber belajar dapat berupa
tempat yang sebenarnya, kantor pos, kantor polisi, pemadam kebakaran,sawah,
peternakan, hutan,perkapalan, lapangan udara, dan lain sebagainya.
Tempat-tempat itu memberi informasi secara langsung dan alamiah. Anak dapat
mengadakan tanya jawab sendiri ditempat tersebut dan juga dapat mengamati
sendiri serta berpraktek langsung.
b)
Perpustakaan
sebagai sumber belajar
Sumber belajar yang dihimpun
diperpustakaan merupakan khasanah yang lengkap. Berbagai encyclopedi ,
buku-buku berisi tema-tema dan segala bahan pelajaran dapat dikumpulkan dan
ditata rapi diruang perpusatakaan. Perpustakaan ini bagaikan jantungnya sekolah
karena kemajuan sekolah sangat ditentukan oleh perpustakaan. Karena itu guru
dapat mengembangkan diri melalui perpustakaan.
c)
Nara
sumber
Para nara sumber dapat ditata
oleh sekolah , sehingga pada saat tertentu mereka dapat dihadirkan dan
dipertemukan dengan anak.kebiasaan mendengar suara pembicara lain selain suara
gurunya sangat membantu guru dalam memperluas wawasan anak.
Hubungan yang baik dengan tokoh
maupun para nara sumber lainnya harus dilaksanakan dengan baik , melalui jalur
formal maupun dilaksanakan secara persaudaraan.Para tokoh dan pakar merupakan
nara sumber yang dapat memberikan
informasi tangan pertama , langsung dan benar.
d)
Media
cetak
Yang termasuk dalam media cetak
adalah bahan cetak, buku, majalah tabloid, dan sebagainya. Gambar –gambar yang
ekspresif dapat memberi kesempatan anak untuk bernalar dan mengungkapkan
pikirannya dengan menggunakan kosa kata yang makin hari makin canggih. Media
ini berperan sekali apalagi sengan adanya pengaruh televisi yang dapat
meningkatkan pengetahuan anak sehingga mencapai tingakat yang tidak terduga.
Karena itu pemikiran bahwa guru yang paling tahu seringkali meleset dan tidak
tepat lagi.
e)
Alat
peraga
Alat peraga adalah semua alat
yang digunakan oleh guru untuk menerangkan atau memeragakan pelajaran didalam
proses belajar mengajar. Namun harus dibedakan antara alat peraga guru dan
alat-alat yang dimainkan oleh anak.
f)
Sumber
belajar yang dikunjungi
Ditempat yang mereka kunjungi
ini, anak mengamati keadaan yang sebenarnya. Tidak jarang anak diberi
kesempatan untuk memegang dan mencoba beberapa tugas yang aman bagi anak.
Kegunaan karyawisata bagi anak
tidak ternilai (kostelnik, 1993). Setelah kunjungan para pendidik yang pandai
memanfaatkan kesempatan akan menindaklanjuti kegiatan tersebut dengan
memperkenankan dan menciptakan tempat serupa serta bermain peran dikelas.
g)
Ruang
sumber belajar
Disekolah yang lebih teratur
administrasinya , pimpinan sekolah berusaha untuk memiliki ruang khusus untuk
semua peralatan sekolah. Pengelolaan tempat ini sama dengan perpustakaan. Semua
staf pengajar dilatih untuk menggunakan semua media pengajaran dengan
sebaik-baiknyayang ada didalam ruang sebagai belajar.
Ruang tersebut dengan sendirinya
harus tertata rapi dalam ruang yang cukup penerangannya dan tidak memberikan
kesan seperti gudang. Rak-rak maupun lemari diberi label tentang isinya agar
mempermudah pencarian barang tersebut. Di Tk yang tergolong baik, ruang sebagai
halnya jantung sekolah seperti halnya perpustakaan.
D. PEMANFAATAN
SUMBER BELAJAR
·
Sumber
belajar yang dapat diperoleh secara alamiah dari lingkungan terdekat anak.
·
Sumber
belajar yang terdiri atas bermacam-macam alat belajar seperti alat peraga, alat
permainan ,buku pegangan , peralatan seni, model-model bagian tubuh dan banyak
lagi yang dapat dikumpulkan da ditaruh disesuatu tempat atau ruang.
·
Sumber
belajar yang berupa tempat-tempat yang kita kunjungi
·
Perpustakaan
dengan semua media cetak dan audio visualnya
·
Yang
tidak boleh kita lupakan adalah para sumber belajar dari berbagai ilmu.
SUMBER:
Hartati, Sri.2009, Media
Pembelajaran AUD. Padang: UNP Press
0 komentar:
Posting Komentar